Apa Faktor Penyebab Jerawat?

Faktor penyebab jerawat merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui agar dapat melakukan penanganan yang tepat. Selain itu bagi yang tidak mengalami masalah ini dapat melakukan pencegahan sedini mungkin karena sudah mengetahui apa saja yang dapat membuat jerawat tumbuh di kulit.

Penyebab Utama Timbulnya Jerawat di Wajah


DAFTAR ISI ARTIKEL INI:
1. Penyebab Jerawat Berdasarkan Jenisnya

2. Penyebab Jerawat Berdasarkan Letaknya

3. Penyebab Jerawat Secara Umum


Adakalanya dalam pengobatan jerawat seringkali hasil yang dicapai tidak sesuai dengan keinginan. Sebenarnya salah dalam penanganan masalah ini bukan karena usaha yang dilakukan tidak maksimal, tapi kita tidak mengetahui bila jerawat tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Nah agar usaha yang diinginkan dapat maksimal kenali penyebabnya berdasarkan jenis-jenisnya berikut ini.

Penyebab Komedo

Komedo merupakan salah satu jenis jerawat yang menimbulkan masalah pada kulit, terutama pada bagi wajah dan hidung. Timbulnya komedo akan mempengaruhi penampilan karena kulit mengalami kerusakan, sehingga tidak menarik untuk dilihat. Ada baiknya hindari memencet kulit yang mengalami komedo agar tidak semakin parah.

Komedo sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu komedo tertutup yang dikenal dengan whitehead dan komedo terbuka yang lebih familiar dengan sebutan blackhead.

Komedo dapat disebabkan oleh kerusakan pada sel-sel kulit mati dan tumpukan kelenjar minyak pada kulit. Masalah ini dapat terjadi bila kurang merawat kulit dengan senantiasa membersihkannya setiap hari. Jarang atau bahkan tidak pernah sama sekali membersihkan kulit akan membuat sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak menumpuk. Akibatnya kulit menjadi tersumbat yang akhirnya terjadi komedo.

Jerawat Biasa

Jerawat biasa adalah jenis jerawat yang sering terjadi dengan ciri-ciri berwarna pink atau kemerahan yang berbentuk tonjolan kecil. Jenis ini juga biasa dikenal dengan sebutan jerawat klasik karena memang sudah dikenal sejak dulu.

Jerawat biasa dapat terjadi karena stress, masalah hormonal dan udara ekstrem dengan kelembaban tinggi yang menyebabkan produksi minyak pada kulit meningkat. Produksi minyak pada kulit yang meningkat akan menyebabkan bakteri pada kulit juga ikut berkembang biak. Akibatnya kulit mengalami infeksi yang disebabkan karena pori-pori tersumbat oleh bakteri.

Penyebab umum dari jerawat jenis ini adalah stres, faktor hormonal dan udara lembab yang menjadi pemicu bagi kulit untuk memproduksi minyak yang berlebihan sehingga menjadi tempat berkembangnya bakteri dibagian tersebut. Akibatnya pori-pori kulit tersumbat karena adanya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri. Bakteri yang menyebabkan jerawat juga disebabkan penggunaan waslap, juga telepon, jari tangan, kuas make up, dll.

Penyebab Jerawat Batu

Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang tergolong sulit untuk diobati. Ada baiknya mengenali penyebabnya dibawah ini agar anda dapat mencegahnya sejak dini, sehingga tidak terkena masalah ini.

  • Alergi
    Adakalanya kondisi tubuh seseorang tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi makanan tertentu karena dapat menyebabkan alergi. Selain dapat menyebabkan gatal-gatal dan bintik-bintik merah pada kulit alergi terhadap makanan juga dapat menyebabkan jerawat batu. Karena itu hindari dari laut, seperti ikan, kerang, udang dan jenis-jenis makanan lainnya yang tidak cocok untuk kesehatan tubuh anda.
  • Kondisi kulit
    Penyebab utama terjadinya jerawat batu adalah kulit berminyak. Apabila kondisi kulit berminyak sebaiknya waspadai dengan tepat agar tidak menimbulkan efeksi, sehingga menyebabkan jerawat timbul. Kondisi kulit yang berminyak dapat terjadi karena masalah hormonal dan diet tinggi lemak serta banyak kandungan karbohidrat. Cuaca panas juga dapat memicu timbulnya jerawat batu. Tidak sedikit juga yang mengalami jerawat karena kulit sering keluar keringat.
  • Sel kulit mati
    Kondisi kulit yang mengalami regenerasi disaat pertumbuhan dari remaja ke dewasa menyebabkan kulit mati. Dalam kondisi ini tidak jarang terjadinya penyumbatan. Apabila anda mengalami kondisi ini konsultasikan dengan dokter kulit agar dapat dilakukan penanganan khusus.
  • Genetika
    Terjadinya jerawat batu juga dapat terjadi karena faktor genetika. Apabila riwayat hidup keluarga seorang anak, terutama orang tua ada yang mengalami jerawat batu tidak jarang anak tersebut akan terserang jerawat batu juga.
  • Kosmetik
    Kecantikan yang diperoleh merupakan anugrah yang senantiasa harus dirawat. Perawatan kulit agar senantiasa terlihat cantik dan menarik dapat dijaga dengan menggunakan beberapa jenis kosmetik. Namun tidak sedikit kosmetik yang mengandung bahan berbahaya bagi kulit karena itu perlu dihindari, misalnya saja krim atau bedak kecantikan yang mengandung bahan kimia karena kebanyakan mengandung zat berbahaya bagi kesehatan kulit. Pilihlah krim, sabun atau bedak kecantikan yang memang benar-benar berbahan herbal karena lebih aman dan jarang menimbulkan masalah bagi kulit.
  • Makanan dan minuman
    Makanan dan minuman yang banyak mengandung lemak dan karbohidrat perlu anda hindari dikonsumsi secara berlebihan karena dapat memicu timbulnya jerawat batu. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemak dan karbohidrat tinggi serta diiringi dengan stress akan menyebabkan jerawat batu timbul dan sulit disembuhkan.
  • Kelenjar kulit tersumbat
    Kulit wajah yang sering terkena debu dan kotoran serta sering berkeringat akan menyebabkan kulit berminyak. Dalam kondisi kulit mengeluarkan keringat berbaur dengan kotoran dan debu, sehingga mengeluarkan minyak akan memicu penyumbatan pada kelenjar kulit. Penyumbatan kelenjar kulit inilah yang akan menyebabkan jerawat batu muncul.
  • Sinar Matahari
    Sinar matahari memang mengandung vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Namun jangan sekali-kali memapar kulit terlalu lama di siang hari karena akan menyebabkan kulit menjadi rusak. Kerusakan kulit terutama dibagian wajah akan memicu timbulnya jerawat batu.

Berdasarkan Letak Jerawat

Berdasarkan letaknya jerawat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jerawat yang tumbuh di wajah dan yang ada di punggung. Adapun penyebabnya akan kami sajikan dibawah ini.

Jerawat di Wajah

Timbulnya bintik-bintik pada wajah yang berwarna merah maupun hitam memang sangat ditakuti oleh pria maupun wanita. Bintik tersebut yang biasa dikenal dengan jerawat dapat timbul pada siapa saja tanpa pandang bulu. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut:

  • Kelebihan produksi kelenjar minyak
    Produksi kelenjar minyak secara berlebihan pada wajah merupakan penyebab utama terjadi jerawat. Kelenjar minyak banyak diproduksi oleh kulit wajah apabila terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat, karena itu bila ingin terhindar dari jerawat pada wajah sebaiknya hindari mengkonsumsi kedua jenis makanan itu secara berlebihan.
  • Penyumbatan kelenjar minyak
    Penyumbatan saluran pembuangan kelenjar minyak pada permukaan kulit akan menyebabkan kotoran pada dari pori-pori tidak dapat keluar, sehingga menumpuk pada kulit yang akhirnya menjadi jerawat.
  • Bakteri
    Bakteri dapat berkembang biak pada kulit berminyak dan kurang perawatan. Apabila anda ingin terhindar dari masalah jerawat sebaiknya rutin merawat kulit wajah setiap hari.

Jerawat di Punggung

Selain tumbuh di wajah jerawat juga dapat tumbuh di punggung yang seringkali menimbulkan gatal-gatal dan rasa tidak nyaman pada kulit, sehingga perlu diketahui penyebabnya agar mudah menghindari atau menyembuhkannya.

Adapun penyebab jerawat di punggung dapat disebabkan oleh kondisi keringat berlebih, memakai baju yang terlalu ketat dan salah memilih bahan baju, kondisioner, pewangi dan pelembut pakaian.

Penyebab Timbul Jerawat Secara Umum

Secara umum jerawat dapat timbul karena berbagai masalah diantaranya yang paling sering terjadi adalah sebagai berikut.

Makanan yang Dapat Menimbulkan jerawat

Dalam kondisi tertentu makanan dapat menimbulkan jerawat. Adapun makanan yang perlu dihindari bila ingin terhindari jerawat bisa dilihat dibawah ini.

    • Makanan yang digoreng
      Makanan yang digoreng banyak sekali mengandung lemak, padahal lemak merupakan pemicu utama kulit berminyak dan penyumbatan saluran kelenjar kulit. Cegahlah masalah jerawat sekarang juga bila ingin tampil cantik mempesona.
    • Makanan tinggi gula
      Makanan yang mengandung tinggi gula selain mampu meningkatkan kadar gula dalam darah, juga dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan berdampak pada penurunan pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri. Penurunan pertahanan tubuh inilah yang merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat. Selain itu, gula menyebabkan hilangnya elastisitas dan fungsi jaringan. Makanan tinggi gula penyebab jerawat adalah permen, soft drink, es krim, coklat, biskuit dan sereal.
    • Makanan yang tinggi karbohidrat
      Kelebihan kandungan gula dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah karena memang tubuh hanya membutuhkan makanan yang mengandung gula secukupnya saja. Penuhilah makanan yang manis secukupnya saja agar tubuh senantiasa berenergi.
    • Kelebihan mengkonsumsi asam lemak Omega-6
      Kekurangan suatu zat makanan memang sudah terbukti dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Namun adakalanya makanan seperti asam lemak omega-6 tidak baik bila dicicipi secara berlebihan karena dapat menimbulkan berbagai masalah, salah satunya jerawat.

Hormon yang Menyebabkan Jerawat

Hormon penyebab jerawat yang seringkali terjadi pada pria maupun wanita. Dalam kondisi dimana tidak seimbangnya kandungan hormon didalam tubuh akan menyebabkan jerawat. Ketidak seimbangan hormon ini dapat mengakibatkan sekresi yang berlebihan pada kelenjar minyak dan lemak di kulit wajah kita, hingga menyebabkan penyumbatan pori-pori yang berakhir dengan tumbuhnya jerawat.

Umumnya ketidak seimbangan hormon ini terjadi pada saat pubertas atau biasanya orang menyebut pada saat abg atau waktu remaja. Pada saat puber ini akan terjadi peningkatan kegiatan hormon libido. Nah, hormon inilah yang mengakibatkan munculnya jerawat. Jadi, umumnya pada saat abg ini jerawat kerap sekali nampak.

Bakteri Penyebab Jerawat

Pada saat pori-pori yang tersumbat ini tumbuh dan berkembang sejenis bakteri yang disebut “Propionibacterium acnes”yang merupakan bakteri penyebab jerawat. Propionibacterium acnes melepaskan sejenis zat iritan yang nantinya akan mengiritasi kulit,efek dari iritasi inilah nantinya yang menyebabkan kulit memerah dan membengkak. Disamping itu juga menyebabkan nanah dibawah permukaaan kulit,semua efek tersebut merupakan bentuk perlawanan sisitem imun tubuh untuk menetralkan zat iritan yang dihasilkan oleh bakteri serta memperbaiki jaringan kulit yang telah teriritasi.

Sampai disini dulu postingan tentang faktor penyebab terjadinya jerawat, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *